Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Mengenal Dasar Cetak Offset Printing

Cetak offset merupakan teknik di dalam bisnis percetakan saat ini. Proses cetak offset dimulai dengan mentrasfer image bertinta ke dalam lembaran karet. selanjutnya, diaplikasikandi atas permukaan benda yang akan dicetak. Dalam teknik cetak offset, diguankan sebuah muat image yang rata. Selanjutnya, citra yang akan dicetak akan mengemabil tinta melalui penggulung kertas. Di sisi lain, area yang tidak dicetak menarik air sehingga permukaannya tidak terkena tinta.


Pada proses prosuksi mesin cetak ffset, terdapat beberapa proses atau tahapan. Diantaranya:


Tahapan pra-cetak

Tahap ini biasanya diisi dengan kegiatan persiapan repro film. Berikutnya, bila desain sudah selesai dibuat dan siap di-output, maka dibuatlah film. Selesai membuat film, anda buat rekam plat. Rekam plat merupakan hasil film repro yang direkam pada materi berupa plat aluminium. Pada tahap selanjutnya, plat inilah yang akan dipasnag di mesin cetak. Berikutnya, siapkan kertas yang dibutuhkan (sesuai kebutuhan). Tahap pra-cetak yang terakhir, siapkan berbagai warna tinta sesuai kebutuhan, alcohol, fountain, dll (bahan chemical). setelah semua proses tahapan pra-cetak selesai dipersiapakn, maka lanjut ke tahap selanjutnya.


Proses Awal Cetak Offset

Siapkan plat yang telah diaplikasikan dengan desain dan telah dipasang di mesin cetak. Berikutnya, siapkan bahan-bahan dan peralatan, misalnya tinta dan kertas. Letakkan keduanya pada tempatnya. Lalu, plat dipasang di atas roll yang ada di bawah mesin. Kertas diletakkan di bawah roll (yang mendatar). Sedangkan tinta dipasang pada tempat dengan warna sesuai kebutuhan. Selesai memasang keduanya pada tempanya, maka mesin siap dijalankan. Bila semua telah terpasanga secara benar, maka tinta akan bersinggungan dengan rol yang dipasangi plat baja. sednagkan tinta akan bersinggungan pula dengan kertas. Sehingga desain di plat akan berpindanh ke kertas dan keluar sesuai desain.


Proses Finishing Cetak Offset

Potong kertas sesuai ukuran yang diminta atau sekedar merapikan pinggir kertas. Berikutnya, bubuhi kertas dengan berbagai macam hiasan atau sesuai kebutuhan. Misalnya, membubuhkan embossed. Embossed merupakan teknik di mana anda menghiasi kertas dengan tulisan atau gambar timbul atau tenggelam. Berikutnya, silahkan beri perekat atau lem. Hal ini dilakukan bila bahan yang diolah berupa amplop. Atau, silahkan anda laminating dengan plastik mengkilap atau buram/dop pada bagian luar sehingga terkesan estetis. Bila anda ingin mendapatkan hasil yang berbeda, gunakan pon’s. Caranya dengan memotong kertas menjadi beberapa bentuk yang unik dan menarik.



***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Mengenal Dasar Cetak Offset Printing.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak : 149 kali

Update terakhir: 12-10-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer