Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Cetak Tinggi

Cetak tinggi merupakan teknik mencetak dengan memanfaatkan bentuk yang paling tinggi (Relief/flexography). Biasanya, berasal dari plat klise. Cetak tinggi mampu menghasilkan bentuk karya berupa gambar. Standart cetak tinggi menggunakan panel ukiran atau panel relief. Bisa dibilang, cetak tinggi merupakan salah satu teknik mencetak untuk mendapatkan bentuk 3 dimensi. Biasanya, acuan cetak tinggi dibuat dari bahan-bahan keras dan lunak.

Cetak tinggi mampu mengerjakan beberapa jenis pekerjaan khusus. Diantaranya, Stans & Rill, Perforasi, Embose, dan lain sebagainya. berikut ini penjelasan dari masing-masing pekerjaan:


Stans & Rill

Stans merupakan sejenis pekerjaan memotong yang tidak dapat dilakukan mesin potong. Rill merupakan pemberian jejak untuk mempermudah proses pelipatan. Biasanya, Stans dan Rill diaplikasikan pada cetak kemasan.


Perforasi

Pekerjaan yang bertujuan untuk memudahkan penyobekan. Bentuk-bentuk perforasi diantaranya:

  • Garis
  • Hole/lubang
  • Persegi/Kubus
  • Persegi panjang
  • Cetak timbul (Cetak timbul pemanasan & Cetak timbul non-pemanasan).


Cetak Embose

Ini merupakan teknik cetakan yang bertujuan menghasilkan efek. Cetak embose menggunakan dua buah klise berbeda (klise patris dan klise matris). Pada proses produksi, klise matris diletakkan pada Acuan cetak, sedangkan klise patris ditempelkan di degel.


Cetak Nomorator

Digunakan untuk memberikan nomor urut padah hasil cetak.


Cetak Hot Print

Mengunakan alumunium foil sebagai bahan cetaknya (undangan, kartu nama, kop surat warna emas perak silfer dan lain lain)


Stempel

Merupakan sejenis cetakan yang menggunakan karet sebagai bahan cetakan. Hasil cetakan dari tulisan atau gambar yang timbul pada stempel.


Letterpress

Letterpress merupakan teknik mencetak dengan cara menyusun huruf satu-persatu bahan cetakan. Teknik ini bisanya menggunakan handpress. Sayangnya, proses mencetak menggunakan teknik ini sudah hampir tidak dipakai lagi.


Apa yang telah disebutkan tadi merupakan sebagian saja. Masih ada beberaa teknik cetak tinggi yang belum disebutkan. Pada proses produksi, cetak tinggi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan cetakan yang berkualitas. Tentunya, apapun teknik yang dipilih dan digunakan, cukup sesuaikan dengan keinginan konsumen.



***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Cetak Tinggi.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 1412 kali

Update terakhir: 16-01-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer