Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

3 Jenis Tinta Printer yang Tidak Luntur Kena Air

Apakah Anda sering menggunakan printer untuk keperluan mencetak dokumen? Printer menjadi barang cukup penting pada zaman modern ini.

Cara pemakaiannya yang mudah membuat banyak orang memanfaatkan printer untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari mencetak dokumen sampai banner, spanduk, mug, kaos, dan lain sebagainya.

Bagian yang tak dapat dipisahkan dari printer adalah tinta. Tinta adalah zat cair yang membuat cetakan dokumen Anda berwarna.

Ada tinta hitam ataupun warna kombinasi yang terdiri dari C, M, Y, K. Tapi tahukah Anda, ada jenis tinta printer yang tidak luntur kena air?


Berikut daftar jenis tinta printer yang tidak luntur kena air:

  1. Tinta Printer Pigment/Durabite

C:\Users\LENOVO\Downloads\paper-568156_1280.png

Tinta printer pigment adalah jenis tinta printer yang terbuat dari air, diluent, colourant, pigment, dan campuran bahan kimia lainnya.


Jika dibandingkan dengan tinta printer dye base yang dominan terbuat dari air, tinta ini punya kualitas warna lebih tajam.


Cocok untuk pemakaian kertas HVS, inkjet paper, kertas foto, dan lain-lain. Hanya saja, jangan sampai tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tinta ini bisa mengering dan menyumbat nozzle head.


  1. Tinta Printer Sublimation Ink

C:\Users\LENOVO\Downloads\cup-1320578_1280.jpg

Tidak seperti tinta printer pigment, tinta ini dominan terbuat dari minyak sehingga lebih tahan terhadap air. Biasanya digunakan untuk mencetak media selain kertas, seperti kaos, pin, mug, keramik, dan lain sebagainya.


Warna yang dihasilkan tinta printer sublimation ink lebih kuat dan tidak mudah pudar. Gunakanlah tinta ini sesering mungkin bahkan setiap harinya minimal mencetak 1-3 lembar. Hal itu untuk mencegah tinta kering dan menyumbat printhead cattridge.


  1. Tinta Printer Solvent

C:\Users\LENOVO\Downloads\banner-438053_1280 (1).jpg

Untuk mencetak keperluan outdoor, seperti banner, spanduk, billboard, neonbox, tinta printer solvent bisa Anda andalkan. Selain tidak luntur kena air, tinta ini juga tahan terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).


Tinta printer solvent terbuat dari cat duco dan bahan tambahan lainnya. Hanya saja, kekurangan dari tinta ini adalah bau yang sangat menyengat. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan masker pada saat penggunaan.


Sumber Referensi
http://astonprintermalang.com
http://voltonews.blogspot.co.id


***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai 3 Jenis Tinta Printer yang Tidak Luntur Kena Air.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak : 6,742 kali

Update terakhir: 06-12-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer