Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Kertas

Saat ini kemasan kertas sudah menggantikan kemasan plastik untuk digunakan membungkus produk makanan. Lebih banyak penggunaan kertas dibandingakan plastik pada dewasa ini disebabkan kemasan kertas lebih ramah lingkungan karena bisa di daur ulang.

Namun pada dasarnya kedua kemasan tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri yang dipakai pada usaha kuliner.

Kemasan kertas juga harus harus bisa masuk dalam standarisasi food frade. Karena banyak sekali kemasan kertas yang dibuat dari kertas daur ulang yang tidak masuk dalam kategori food grade.

Hal ini tentunya sangat membahayakan bagi kesehatan konsumen yang menyantap makanan di dalamnya. Berikut jenis dan kelebihan pada makalah kemasan kertas kali ini.


Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Kertas

Banyak sekali pengusaha makanan atau kuliner yang menggunakan kemasan kertas dan masuk dalam standarisasi food grade. Keunggulan kemasan kertas dibandingkan kemasan plastik yakni lebih ringan, harga relatif murah dan hemat tempat saat ingin menyimpannya. Selain itu produk yang kita jual dengan kemasan kertas ini juga terkesan lebih mewah dan bersih, karena kemasan kertas bisa dibentuk berbagai macam rupa.

Makalah kemasan kertas kali ini melihat kekurangan kemasan ini juga cukup banyak. Kemasan kertas biasanya lebih mudah sobek, mudah terbakar, tidak bisa dipanaskan terlalu lama dan tidak dapat untuk mengemas makanan cair. Tak hanya itu, masih banyak pengusaha kuliner yang menggunakan kemasan kertas non food grade yang tentunya bisa membahayakan kesehatan.


Jenis Kemasan Kertas Kategori Food Grade

Bagi kamu yang sedang membuka usaha kuliner dan ingin menggunakan kemasan kertas sebagai pelindung makanan yang dibuat harus memperhatikan hal ini. Kemasan kertas food grade setidaknya ada tiga kategori. Pertama, regular sizing biasa digunakan untuk kemasan secara universal atau umum.

Kedua, hard sizing biasa digunakan untuk kemasan yang dapat disimpan dalam kondisi dingin atau beku dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi namun sekaligus juga bisa dipanaskan di microwave.

Ketiga, Grease resistance yakni kemasan kertas yang dapat menahan penetrasi minyak.  Ketiga tipe makalah kemasana kertas tadi kualitas cetak yang sangat baik dan mampu tidak terbakar jika dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi. Ketiga kertas ini juga sudah diuji dan hasilnya aman saat bersentuhan langsung dengan makanan.



Referensi
http://kertasnasi.com/kemasan-kertas-yang-memenuhi-standar-food-grade/
http://iamsmg.blogspot.co.id/2016/07/keunggulan-dan-kekurangan-kemasan.html
http://www.ahlikemasan.com/p/kertas-paperbag-kardus-kemasan-packaging.html


***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Kertas.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak : 3,586 kali

Update terakhir: 26-01-2017

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer