Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Cara Membuat Kemasan Kertas

C:\Users\LENOVO\Downloads\recycle-33605_1280.png

Kemasan kertas sudah lebih dulu digunakan oleh orang-orang sebelum akhirnya mereka menemukan plastik dan aluminium foil. Kemasan kertas sampai saat ini tetap dipakai karena harganya murah, mudah diperoleh, dan penggunaannya luas.

Sayangnya kemasan kertas kurang baik untuk bahan pangan karena sensitif terhadap air dan mudah lembab.

Model kemasan kertas sangatlah beragam, salah satu yang kita sering jumpai adalah paper bag atau tas kertas. Paper bag biasanya digunakan untuk membawa sejumlah barang yang tidak terlalu berat, seperti kado atau pernak-pernik ringan.

Ukuran, bahan, maupun aksesorisnya sangat beragam. Anda pun bisa loh membuatnya sendiri. Yuk simak cara membuat kemasan kertas berikut ini.

Cara Membuat Kemasan Kertas Model Paper Bag

C:\Users\LENOVO\Downloads\public-cars-661740_1280.jpg

  1. Pertama-tama siapkanlah alat dan bahannya, yaitu kertas kado, karton, gunting, double taped, pembolong kertas, dan tali.

  2. Sekarang potonglah kertas kado sesuai dengan ukuran paper bag yang Anda inginkan. Hanya saja panjangnya harus lebih dari 2x dan tingginya 1.5 x dari ukuran barang yang akan dibawa.

  3. Selanjutnya beri double tape salah satu bagian samping kertas kado yang dipotong tadi dari atas sampai bawah. Kemudian sambungkan pada bagian samping satunya dengan menempelkan double tape tadi. Usahakan tertempel rata agar hasil paper bagnya nanti rapi.

  4. Setelah itu lipatlah bagian bawah kira-kira 1.5 x ukuran tebal barang yang diletakkan di dalamnya. Lipat kedua ujungnya membentu segitiga dan bagian atas dan bawahnya agar membentuk sisi bawah yang bagus.

  5. Setelah bagian bawah tertempel, kini lipatlah bagian atas seperti langkah sebelumnya. Guntinglah kedua ujungnya sesuai lipatan. Tambahkan dua potongan karton kedua bagian tersebut dan lipatlah kembali. Karton tersebut gunanya untuk memperkuat bagian atas.

  6. Apabila karton telah tertempel dengan baik pada lipatan bagian atas tersebut, sekarang lubangilah dengan alat pembolong kertas. Jaraknya harus sama dan sejajar menjadi empat lubang.

  7. Langkah terakhir, masukkanlah tali pada lubang yang sudah dibuat tadi. Ikat kecil pada bagian dalam agar tali tak mudah copot saat dibawa.

  8. Selesai, kini paper bag buatan sendiri telah siap dibawa kemana saja.


Sumber Referensi
packingnews.blogspot.co.id
cara.pro


***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Cara Membuat Kemasan Kertas.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak : 5,087 kali

Update terakhir: 07-01-2017

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer