Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Proses Pembuatan Kain Sablon Bahan Pe – rayon

Sablon digital merupakan salah satu teknik hias kain yang terbilang mudah dan sederhana. Ada beberapa jenis kain yang dapat disablon, diantaranya adalah kain carded yang merupakan 100 persen katun, bahan combed, bahan lakos, cotton polyster, hingga kain dengan bahan pe – rayon. Sebelum melakukan penyablonan, tentu dibutuhkan pengetahuan akan karakteristik kain yang akan disablon. Misalnya saja kain bahan rayon dimana kain ini merupakan 100 persen katun yang juga cocok untuk disablon. Penggunaan kain rayon ini bisa digunakan untuk bahan dasar kemeja, rok, hingga gaun, dress, dan lain-lain. Lalu bagaimanakah proses pembuatan kain rayon?


Kain berbahan rayon berasal dari bahan selulosa yang alami. Proses dari zat selulosa menjadi kain bahan pe – rayon memerlukan proses yang tidak sebentar karena selulosa ini perlu diregenerasi. Selulosa rayon berasal dari pulp kayu yang diekstrak. Setelah selulosa disiapkan, kemudian tahap selanjutnya adalah merendam selulosa dengan soda kaustik. Hal ini kemudian akan merubah selulosa menjadi selulosa soda. Selanjutnya, selulosa kemudian diparut yang kemudian akan menjadi crumb putih. Tahap selanjutnya dalam pembuatan kain rayon adalah proses manufaktur atau viscose dimana crumb putih berubah menjadi crumb kuning melalui hasil oksidasi. Crumb kuning kemudian dilarutkan dengan zat kaustik yang menghasilkan cairan kental. Simpan cairan tersebut beberapa lama, lalu akan terbentuk filamen selulosa yang kemudian dicuci, dan diolah kembali hingga menjadi kain rayon yang siap dijahit untuk berbagai jenis pakaian.


Bila berniat melakukan penyablonan digital pada kain dengan bahan pe – rayon, ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan. Pertama, buatlah desain artwork yang dikedendaki untuk kemudian ditempelkan pada kain, lalu print desain tersebut secara mirror menggunakan HVS atau bisa juga dengan inkjet paper. Gunakan mesin hot press kain, dan press kertas desain di atas kain selama kurang lebih 30 detik dengan temperatur dua ratus derajat. Angkat mesin press dan kaos sablon dengan kain rayon pun sudah siap untuk dikenakan. Dengan menggunakan mesin digital ini tentu membuat proses menyablon menjadi jauh lebih cepat, mudah, dan efisien dibandingkan dengan cara menyablon yang masih manual dan tradisional.


Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses menyablon bahan pe – rayon adalah tinta sablon. Jenis kain yang berbeda-beda, membutuhkan jenis tinta yang sesuai dengan karakteristik kain. Untuk jenisnya, tinta sablon terdiri dari dua jenis yakni tinta sablon waterbase dan tinta sablon solvenbase atau minyak. Tinta sablon air juga memiliki tipe yang beragam, diantaranya ada tinta rubber yang cocok untuk diterapkan pada kain gelap, lalu tinta sablon coating sebagai pelapis akhir, tinta ekstender untuk kain putih dan warna-warna terang, hingga tinta sablon puff atau tinta efek timbul.


Sementara itu untuk tinta solvenbase diantaranya ada tinta all purpose, high capacity, athletic platisol, dan lain-lain. Ada pula jenis tinta sablon lain seperti cork base, shimmer gold & base, yellow sparkle, high density clear, wilflex luna clear, foil transfer, glow in the dark, cold peel, hot peel, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Jika anda akan melakukan sablon pada kain bahan pe – rayon, tinta sablon yang cocok digunakan adalah tinta shimmer gold and base yang akan menghasilkan warna semu metalik yang merupakan tinta siap pakai berbentuk mirip pasta.



***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Proses Pembuatan Kain Sablon Bahan Pe – rayon.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 356 kali

Update terakhir: 18-01-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer