Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Pembuatan Katun Jepang

Katun merupakan salah satu bahan pakaian yang telah ada sejak jaman dulu. Bahan katun ini ialah kain yang terbuat dari kapas sehingga bahan yang satu ini sangat menyerap keringat. Lalu, untuk bahan katun Jepang sendiri, kain katun akan terlihat berbeda dengan kain katun biasa. Kain katun Jepang yang terbuat dari bahan-bahan dengan kualitas tinggi akan menghasilkan kain yang lebih halus jika dibandingkan dengan kain katun biasa yang biasanya sedikit kasar. Selain itu, kain katun Jepang juga akan lebih mengkilap dan warnanya yang terkenal lebih tahan lama. Pada katun Jepang pun biasanya bahan akan lebih nyaman karena lebih dingin jika dipakai. Lantas, bagaimana cara pembuatan dari kain katun Jepang ini? Simak penjelasannya pada paragraf berikut.


Secara umum, cara pembuatan bahan katun Jepang sama seperti pembuatan bahan katun biasa. Yang berbeda hanyalah kapas yang digunakan. Pada kain katun Jepang, kapas yang digunakan mempunyai kualitas yang lebih baik daripada kapas untuk kain katun biasa. Kemudian, untuk proses pembuatannya, yang pertama ialah persiapan awal. Pada persiapan awal ini, bahan yang diperlukan untuk pembuatan kain (kapas) harus dipersiapkan. Pilahlah kapas yang terlihat bagus dan mengembang atau tidak menggumpal. Kapaspun harus dalam keadaan kering sehingga akan mudah untuk tahap selanjutnya yaitu tahap spinning.


Tahap spinning ialah tahap pemintalan benang. Pada tahap yang satu ini, kapas akan dipintal yaitu seratnya akan diubah menjadi serat panjang menyerupai benang. Pada jaman dahulu, pemintalan akan dilakukan secara tradisional menggunakan alat pemintalan yang sederhana sehingga proses ini menghabiskan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, dengan berkembangnya telnologi, khususnya di wilayah Jepang, proses spinning untuk bahan katun Jepang diubah menggunakan alat canggih yang tidak membutuhkan tenaga manusia dalam proses pemintalan ini. Dengan alat spinning ini, pemintalan kapas yang dirubah menjadi benang akan jauh lebih cepat dengan hasil pintalan yang lebih banyak.


Kemudian, tahap selanjutnya adalah tahap soft winder. Tahap ini merupakan tahapan yang mana kapas yang telah berubah menjadi benang tersebut digulung agar lebih mudah untuk diproses. Proses penggulungan ini tentu harus dilakukan dengan cermat agar benang yang digulung mudah untuk digunakan nantinya. Jadi, pada tahap soft winder, benang yang digulung diusahakan jangan sampai kusut karena jika benang kusut, maka hal tersebut akan mempengaruhi bahan katun Jepang yang akan dihasilkan nantinya. Selanjutnya, ada tahap yang disebut dengan proses pencelupan benang. Jadi, setelah benang yang dipintal digulung, benang tersebut akan diberi warna sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan. Proses ini dilakukan dengan cara mencelupkan benang tersebut ke dalam cairan warna yang telah disediakan. Kemudian, benang yang telah berwarna tersebut akan memasuki proses pengeringan agar hasil pencelupan akan maksimal. Selain itu, proses pengeringan ini bertujuan agar benang yang telah berwarna tidak akan luntur jika benang tersebut masuk ke dalam proses weaving.


Jika benang yang telah diberi warna kering, saatnya benang-benang tersebut ditenun atau biasa disebut dengan proses weaving. Sebelum proses ini, adapun proses persiapan sebelum weaving yang harus dilakukan. Dalam hal ini, benang-benang yang tersedia akan disusun sedemikian rupa agar nantinya akan terbentuk motif kain katun khas Jepang seperti bunga sakura. Setelah melalui proses ini, bahan katun Jepang berubah menjadi lembaran kain yang siap untuk diproses menjadi pakaian.




***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Pembuatan Katun Jepang.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 320 kali

Update terakhir: 17-01-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer