Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Pembuatan Bahan Polyester

Saat ini, bahan polyester sangatlah direkomendasikan digunakan sebagai pakaian. Hal ini disebabkan oleh produk polyester merupakan salah satu produk hasil daur ulang plastik yang dikenal tidak dapat busuk hingga ratusan tahun. Lalu, apa saja hal yang harus dilakukan dalam pembuatan fabric polyester ini? Apa saja hal yang dibutuhkan dalam produksinya? Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pembuatan kain ini atau untuk anda yang akan membuka usaha pabrik kain katun, anda bisa merancang berapa biaya awal yang harus dikeluarkan sebagai biaya produksinya.


Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat memproduksi fabric polyester ini. Step yang paling awal ialah pengumpulan bahan untuk polyester itu sendiri yaitu bahan-bahan daur ulang seperti plastik. Dalam langkah ini, biasanya pabrik telah memesan dari beberapa pengepul. Kemudian, setelah semua bahan terkumpul, yang harus diperhatikan ialah pemilahan bahan agar bahan yang akan diproses selanjutnya tidak tercampur dengan bahan lain. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik biasanya berasal dari berbagai macam produk makanan dan minuman. Maka dari itu, akan lebih baik jika bahan polyester tersebut bersih sehingga polyester yang dihasilkan nantinya akan berkualitas.


Untuk langkah pembuatan fabric polyester selanjutnya ialah polymerisasi. Dalam proses ini, semua bahan yang telah disiapkan akan mulai masuk mesin penggiling atau biasa disebut dengan vakum. Di dalam vakum yang besar, material yang dimasukkan akan dicampur dengan asam dan juga alkohol agar berubah bentuk menjadi lelehan yang nantinya akan lebih mudah untuk diproses menjadi kain. Bukan hanya itu saja, pada tahap ini, material tersebut juga akan digiling dengan suhu yang sangat tinggi sehingga plastik akan berubah bentuk. Setelah seluruh bahan benar-benar hancur, mesin akan mengeluarkan lelehan tersebut akan dikeluarkan berupa pita panjang melalui roda pendingin. Roda pendingin ini berfungsi agar lelehan yang material dingin dan akan berbentuk seperti lembaran yang nantinya akan dipotong untuk mempermudah proses selanjutnya.


Proses yang ketiga ialah pemintalan serat fabric polyester atau biasa disebut dengan "spinning". Ketika potongan material dingin tersebut masuk ke tahap ini, sebelumnya, potongan material akan dilelehkan kembali di dalam alat yang disebut dengan "hopper recevoir". Tujuan dari dilelehkannya potongan material tersebut ialah agar material polyester akan lebih mudah untuk diubah menjadi serat yang nantinya akan menjadi benang polyester. Untuk berubah menjadi serat, material lelehan akan melalui proses di dalam spinneters. Lelehan tersebut akan mengering ketika terkena udara.


Kemudian, setelah proses "spinning", adapun proses yang disebut dengan "drawing". Proses yang satu ini merupakan proses dimana lelelahan yang telah kering akan diproses kurang lebih sampai 5 kali. Di dalam proses ini terdapat istilah "draw out" yang artinya ialah serat fabric tersebut akan diproses menjadi serat yang lebih halus lagi. Selanjutnya ialah pemotongan serat polyester menjadi ukuran yang lebih mudah untuk dibawa. Jika seluruh proses tersebut selesai, maka, serat kemudian akan masuk ke dalam proses selanjutnya seperti ditambahkan dengan bahan tertentu agar didapatkannya berbagai macam jenis polyester yang dapat kita jumpai saat ini. Jadi, singkatnya ialah ada empat proses utama yang dilakukan untuk membuat fabric polyester. Tahap-tahap tersebut ialah pengumpulan material, polymerisasi dimana material akan dilelehkan dengan mencamputkan zat asam dan alkohol di dalam vakum bersuhu tinggi, spinning atau pemintalan dan juga drawing yang akan membuat serat makin halus.


Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Bila Anda memiliki informasi mengenai pembuatan material polyester, silahkan untuk mengirimkannya ke [email protected]


***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Pembuatan Bahan Polyester.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 3275 kali

Update terakhir: 17-01-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer