Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Mesin Jahit Industri

Mesin jahit indusri memiliki beberapa perbedaan dengan mesin jahit rumahan, dimana kapasitas produksi pada mesin jahit untuk industry lebih besar mengingat bila di hitung harga pokok produksinya akan lebih efisien. Selain itu mesin jahit ini memiliki banyak sekali jenis yang diperuntukan untuk masing-masing fungsi utamanya, misalnya untuk membuat jahitan pada sudut-sudut tertentu, jahitan pada lubang kancing, dan lain sebagainya. Adapun klasifikasi mesin jahit untuk industri sebagai berikut :


1-needle, Lockstitch Machine

Merupakan mesin yang paling umum digunakan pada industri garmen. Mesin ini menggunakan satu buah jarum pada bagian atas yang menghubungkan benang bagian bawah dengan pengait yang berotasi di area bawah bidang jahitan.



2-needle, Lockstitch Machine

Mesin double-stitch menggunakan 2 buah jarum( di atas dan di bawah bidang jahitan) yang mengaitkan benang dan membentuk jahitan pada kain.


Overlock / Safety Stich Machine (Mesin Obras)

Merupakan jenis mesin yang dapat menjahit pada satu atau dua lembar kain untuk pinggiran(tepian), pengeliman, dan merapikan pinggiran kain dari serabut benang yang tidak terkunci.


Zigzag Stitching Machine

Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan berbentuk zig-zag.


Post-Bed Sewing Machine

Jenis mesin ini digunakan untuk menjahit pada material yang berat dan tebal seperti bantalan sofa, jok mobil, sepatu, produk olah raga, dll. Biasanya mesin ini memiliki alas jahit yang sempit dan tinggi dikarenakan media jahit dengan bentuk yang beragam.


Coverstitch Machine

Mesin jahit tipe ini digunakan untuk membordir pinggiran sekaligus pengelin kain. Biasanya tipe jahitan ini digunakan untuk menjahit bagian tepi dari pakaian (kaos, sweater, celana dalam, dll)


Chainstitch Machine

Jenis mesin ini digunakan untuk menjahit dengan tipe chainstitch atau jahitan yang menyerupai bentuk rantai. Biasanya digunakan pada jahitan di celana jeans, hiasan bordir pada pakaian, hingga gordyn.


Button Sewing Machine

Mesin yang digunakan untuk memasang kancing secara otomatis


Buttonholding Machine

Mesin yang digunakan untuk membuat lubang kancing


Bartacking Machine

Jenis mesin yang digunakan untuk mengunci pada akhir jahitan. Biasanya digunakan pada celana jeans, kemeja, dll.


Shape-tracking Machine

Mesin yang diperuntukan untuk membuat bentuk sesuai dengan desain atau pola yang sudah di program.


Sebenarnya banyak jenis lain pada mesin jahit yang digunakan untuk proses produksi pada industri garment dengan berbagai merk seperti Computer-Conrolled Cycle Machine, hingga Mesin otomatis seperti Automatic Welting Machine, Belt Loop Attaching Machine, Button Neck Wrapping Machine,dll.


Mencari Produsen Konveksi?



***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Mesin Jahit Industri.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 2270 kali

Update terakhir: 18-01-2016

Print

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer