Loader af3d7d34f38f308e790a461b783404ccd2e8a73aded24086847146ca21ac4dd1
Vendorpedia Artikel
Sort VendorpediaInfo Vendorpedia
Vendorpedia Artikel

Cotton Combed

Setelah mengetahui secara umum bahan pembuat kaos, kini kami coba spesifikasikan rangkuman lengkap mengenai Cotton Combed, dimana bahan ini merupakan jenis yang paling disukai oleh konsumen di Indonesia :


Cotton Combed adalah sebuah versi paling halus yang ditreatment secara spesial dari serat katun sebelum dimasukan pada mesin pemintal. Secara umum, combed cotton relatif lebih mahal dibanding jenis lain karena sangat nyaman dikenakan.


Istilah Combed

Combed berasal dari kata combing yang merupakan sebuah metode lanjutan setelah mengalami proses carding untuk mempersiapkan serat carded untuk dapat dilakukan penyisiran ulang dengan mesin hingga mendapatkan hasil serat yang halus. Proses penyisiran (combing) dibagi menjadi linear (lurus) dan circular (memutar). Inilah alasan mengapa material ini dinamakan combed cotton akibat adanya proses combing (penyisiran) dari serat carded. 


20s - 40s

Kebalikan dari penomorannya, semakin kecil nilai angka pada kode material Combed Cotton maka semakin tebal bahan kaos tersebut dimana rangkumannya di jelaskan pada poin-poin berikut :


Cotton Combed 20

Terbuat dari benang 20s untuk menghendaki ketebalan atau gramasi kain antara 180 sampai 220 gram/ m2 untuk jenis rajutan single knit / rajutan tunggal


Cotton Combed 24

Terbuat dari benang 24s untuk menghendaki ketebalan atau gramasi kain antara 170 sampai 210 gram/ m2 untuk jenis rajutan single knit / rajutan tunggal


Cotton Combed 30

Terbuat dari benang 30s untuk menghendaki ketebalan atau gramasi kain antara 140 sampai 160 gram/ m2 untuk jenis rajutan single knit / rajutan tunggal. Sedangkan untuk double knit / rajutan ganda dapat menghasilkan ketebalan kain antara 210-230 gram/m2


Cotton Combed 40

Terbuat dari benang 40s untuk menghendaki ketebalan atau gramasi kain antara 110 sampai 120 gram/ m2 untuk jenis rajutan single knit / rajutan tunggal. Sedangkan untuk double knit / rajutan ganda dapat menghasilkan ketebalan kain antara 180-200 gram/m2


Sedangkan huruf yang mengikuti nya setelah angka yakni “s” atau “d” adalah penamaan menurut metode rajutannya. “s” untuk Single Knit, dan “d” untuk Double Knit. Sebagai contoh jenis yang sering digunakan untuk memproduksi pakaian distro adalah jenis 20s-30s Sedangkan menurut ciri-ciri fisiknya, Single Knit memiliki tekstur yang rapat, padar, namun kurang lentur dimana Double Knit memiliki tekstur rajutan yang cenderung kurang rapat, kenyal, dan teratur sehingga cocok untuk keperluan bayi dan anak-anak.


Penggunaan Cotton Combed

Karena sifat bahan cotton combed yang sangat halus dan kuat, bahan ini sering digunakan untuk bahan sprei atau bahan pakaian seperti kaos (Mencari Produsen Kaos?), yang bersentuhan langsung dengan kulit manusia.

Material ini pula memiliki sifat tidak panas dan mudah menyerap keringat karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas alami, sehingga sering digunakan sebagai bahan pakaian santai maupun pakaian olahraga. Kaos dengan bahan cotton combed sangat cocok digunakan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia karena sifatnya yang menyerap keringat.



***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenai Cotton Combed.

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan
Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Industry di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

vpwebstudio

Respon untuk artikel ini

Dilihat sebanyak: 2056 kali

Update terakhir: 21-12-2015

Print

Istilah Pilihan

Istilah khusus terkait Cotton Combed :

  • Kaos
  • Cotton Cardet
  • Gramasi Kain
  • Rajutan Tunggal
  • Rajutan Gandda

Sewa
Akun Premium | Informasi | Kontak |  Syarat & Ketentuan | Privasi | Disclaimer